Desa Daspetah terletak di dalam wilayah Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Desa Daspetah terletak di jalan lintas Kepahiang – Curup  serta berada sekitar 2 km dari ibu kota Kabupaten Kepahiang. Desa Daspetah terdiri dari 8 dusun yang memiliki batasan-batasan sebagai berikut  :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan desa Pungguk Beringang
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Daspetah II
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Babakan Bogor
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Sungai Musi

Desa Daspetah memiliki luas wilayah 700 Ha, yang terdiri dari lahan pemukiman 3 Ha. lahan persawahan 75 Ha, lahan perkebunan 500 Ha, dan lahan lainnya 82 Ha.

Wilayah Desa Daspetah Kecamatan Ujan Mas  memiliki Topografi daerah berbukit dan bergelombang dengan kemiringan 0-70   serta ketinggian 50-80 dpl. sehingga Daerah Suka Merindu sangat cocok untuk perkebunan.

Secara Geografis dan Geologis, iklim Desa Daspetah sama seperti halnya desa-desa lain di Indonesia mempunyai dua musim yaitu musim panas dan musim hujan. Musim panas pada bual Maret sampai Oktober, sedangkan musim hujan terjadi pada bulan September sampai dengan februari. Dengan suhu rata-rata -. Hal tersebut berpengaruh langsung terhadap pola tanam pada lahan pertanian yang ada di Desa Daspetah

Penduduk Desa Daspetah , mayoritas merupakan asli pribumi yaitu suku Rejang, yang masih memegang kuat adat istiadat turun-temurun seperti musyawarah untuk mufakat,  gotong royong, serta adat lain yang sangat menjunjung tinggi adat Timur. Hal inilah yang membuat kehidupan masyarakat  Desa Daspetah aman, tentram dan damai, baik sesama masyarakat desa Dsapetah maupun masyarakat desa yang lain yang ada di Kecamatan Ujan Mas Desa Daspetah masih tergolong desa tertinggal baik baik dari segi perekonomian maupun sarana prasarana.

Desa Daspetah mempunyai jumlah penduduk 3500 jiwa yang terdiridari laki-laki 2000  jiwa, Perempuan : 1500 jiwa dan 850 KK , yang terbagi dalam 8 (delapan ) wilayah dusun.

After you have typed in some text, hit ENTER to start searching...