Desa Daspetah adalah nama suatu wilayah di Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang ini sebelum di namai Desa Daspetah menurut cerita beberapa tokoh tertua di Desa Daspetah dan mantan pemimpin desa zaman dahulu belum berbentuk desa, masih perkampungan yang masih dihuni oleh beberapa keluarga, perkampungan tersebut dinamai “SADOE KAUK ” ( Dalam artian di dusun bawah ). Konon kabarnya yang terletak di pinggir Sungai Musi yang diatasnya tumbuh batang Petai yang rindang dan dibawahnya terdapat arus SUNGAI MUSI yang deras itulah diberi nama DERAS PETAI kependekannya ( DASPETAH ) dan pada waktu itu hanya mempunyai penduduk 17 Kepala Keluarga ( KK ).

Pada awal pembentukan Desa Daspetah pada tahun 1917 yang terisi tiga suku yaitu Suku Lamei, Suku Durian Depun dan Suku Daspetah. Pendudu yang tinggal di desa tersebut adalah Suku Rejang dan penduduknya lebih kurang 25 Kepala Keluarga ( KK ) pada saat Suku Jawa, Sunda dan lain-lain. Pemeluk agama pada umumnya 100 persen Islam.Dengan mata pencarian penduduknya mayoritas petani, tetapai sebagian penduduk ada yang Pegawai Negeri Sipil ( PNS ), Pedagang, peternak, buruh, jasa dan lain-lain.

Pada saat terbentuknya Desa Daspetah desa tersebut mengadakan kepemilihan Kepala Desa .Pemilihan tersebut di pilih oleh masyarakat secara langsung  ( Demokrasi ) yang pada saat itu jumlah penduduknya lebih kurang 25 Kepala Keluarga ( KK ) .Tapi sebelumnya desa pada tahun 1933 pemerintah Belanda menunjukan Jenang Kalam sebagai Pangeran untuk memimpin desa Daspetah yang daerah kekuasaanya dari jembatan Air Sempiang Kepahiang sampai Desa Kota Beringin .Selanjutnya kepemimpinan dipegang oleh seseorang pembarap yang bernama JENEWA, Imam Kutei bernama 1. RIAPAI, 2. ARZAD TAHARA di tahun 1933-1977. Kemudian desa mengadakan pemilihan Kepala Desa selanjutnya di mulai dari tahun 1977 sampai dengan 2019 .Dengan di pimpin Kepala Desa terpilih sebagai berikut :

  1. HOSEN AMZAH
  2. RAAPLI
  3. MUSLIMIN LATIF
  4. SULAIMAN AZIZ
  5. A. MUCHTAR MS
  6. DESRIL IRANI
  7. ENDAR HUSIN
  8. SAHYAR.

After you have typed in some text, hit ENTER to start searching...